Posted by : Hani Haerudin Minggu, Januari 21, 2018

1. Sword Art Online



Sword Art Online menjadi anime game pertama dalam list ini. Anime ini sangat populer pada tahun 2013 silam bahkan ada yang menganggapnya sebagai anime terbaik pada tahun tersebut. Tidak perlu heran, karena SAO telah berhasil mengangkat cerita isekai (dunia alternative) sebagai tema cerita yang paling disukai sampai sekarang. Setelah keberhasilannya, kita bisa melihat banyak sekali anime baru yang mengikuti jejak SAO. Inilah mengapa Sword Art Online begitu populer sampai sekarang.

Anime ini merupakan adaptasi dari light novel dan sudah memiliki 2 season adaptasi anime. Ceritanya sendiri adalah tentang permainan game online dimana kita bisa menjadi karakter dalam game tersebut sehingga membuat permainannya terasa seperti kenyataan. Kisahnya dimulai dari seorang pemuda pecinta game online bernama Kirigaya Kazuto. Dia masuk ke dalam game SAO seperti biasanya, tetapi pada suatu hari ada sesuatu yang aneh dalam game tersebut.

Saat dia mencoba keluar, dia tidak bisa menemukan tombol log out. Kemudian, bersama ratusan orang, dia dipindahkan ke sebuah area dimana dia bertemu dengan GM (Game Master/pembuat game). Di sana diumumkan kalau tidak ada seorangpun yang bisa keluar dalam game tersebut dan jika memaksa keluar mereka akan mati. Alhasil, Kirito bersama ratusan pemain lainnya terperangkap dalam game tersebut. Dan jalan satu-satunya untuk keluar adalah mengalahkan bos akhir yang ada pada lantai atas.

2. No Game No Life




Seperti halnya SAO, anime ini juga merupakan adaptasi dari light novel yang juga mengangkat tema isekai. No Game No Life bisa dikatakan sama baiknya dengan SAO. Kalian bisa menonton keduanya untuk membandingkan mana yang lebih baik. Anime ini menyajikan permainan yang lebih bervariasi dan tidak berfokus pada action.

Sora dan Shiro adalah 2 kakak beradik yang merupakan master dalam bermain game. Bahkan tidak ada yang pernah bisa mengalahkan mereka satu kalipun dalam semua jenis permainan. Saking hebatnya, mereka mendapatkan sebuah surat tantangan dari seorang dewa. Awalnya mereka tidak tahu, tapi setelah bermain catur melawannya selama berhari-hari dan berhasil menang. Mereka dikirim ke sebuah dunia dimana isinya hanya permainan saja. Di dunia tersebut, jika ingin mendapatkan sesuatu haruslah dengan bermain. Tentu saja dunia seperti itu adalah tempat hidup yang cocok untuk Shiro dan Sora.

Saat tiba di sana, mereka akhirnya menyadari kalau si dewa, Tet, yang telah membawa mereka ke sana. Dan dimulailah pertarungan besar antara Shiro dan Sora melawan dewa Tet dan semua ras yang hidup di dunia tersebut. Anime ini tidak hanya akan memberikan hiburan bagi kalian tapi juga tantangan untuk mengasah otak karena game yang disuguhkan sangat luar biasa dengan taktik dan intrik permainan yang memukau.

3. Log Horizon



Log Horizon adalah judul dari novel Jepang yang ditulis oleh Mamare Touno dan diilustrasikan oleh Kazuhara. Novel ini dipublikasikan pada tahun 2011 silam oleh Enterbrain yang kemudian diadaptasi menjadi anime. Tema ceritanya tidak jauh berbeda dengan Overlord dan SAO dimana sama-sama berlatarkan dunia game online. Game MMORPG tersebut bernama Elder Tale yang sukses besar di dunia sehingga memiliki jutaan pemain online.

Tapi ketika gamenya melakukan update versi menjadi Homesteading The Noosphere, 30 ribu gamer Jepang yang sedang login di dalamnya tiba-tiba dipindahkan ke dunia virtual dimana mereka tiba-tiba menjadi avatar dari game itu sendiri. Setelah kejadian aneh itu, seorang gamer aneh bernama Shiroe bersama kedua temannya, Naotsugu dan Akatsuki, memutuskan untuk membentuk sebuah party demi menyelesaikan masalah bersama. Perbedaan anime ini dengan anime tema isekai lainnya adalah, karakter didalamnya tidak hanya berfokus pada satu orang saja seperti halnya Kirito dalam SAO karena di sini digambarkan kerja sama tim dengan kamampuan yang berbeda-beda. Terlebih lagi, anime ini juga berfokus pada game yang mimiliki strategi sehingga tidak ada karakter yang terlalu overpower karena masing-masing karakter memiliki kelebihan mereka masing-masing.

4. Death Parade



Apa jadinya jika setelah kematian bukanlah surga atau neraka yang menunggu kalian tapi seorang bartender? Mungkin terdengar aneh, tapi setelah menonton Death Parade, kalian mungkin akan berubah pikiran karena cerita anime game yang satu ini dipenuhi dengan tekanan psikologis yang besar. Dalam ceritanya, ketika seseorang mati, dia akan memasuki sebuah bar dan bertemu dengan beberapa bartender salah satunya adalah Decim.

Biasanya yang masuk ke dalam bar tersebut terdiri dari 2 orang. Dan di sana, Decim akan meminta mereka melakukan sebuah permainan. Karena mereka kehilangan ingatan, mereka langsung mencoba permainan tersebut supaya bisa keluar dari ruangan seperti yang telah dijanjikan Decim. Tapi saat mereka bermain, perlahan-lahan ingatan mereka pulih kembali dan mulai mengingat apa yang telah mereka lakukan di masa masih hidup.

Tujuan dari permainan tersebut adalah memberika tekanan psikologis untuk keduanya sehingga bisa membuat mereka menunjukan sifat asli mereka. Dari sanalah, Decim akan menentukan siapa yang pantas untuk masuk surge dan siapa yang pantas masuk neraka. Tapi pada suatu saat, keadaan mulai berubah ketika seorang gadis berambut hitam masuk ke dalam bar. Entah kenapa dia tidak bisa dihakimi oleh Decim dan akhirnya Decim memintanya untuk menjadi asistennya. Sampai akhirnya, gadis tersebut memberikan sebuah petunjuk kepada Decim sehingga membuatnya berubah dalam melakukan penghakiman untuk orang lain.

5. Accel World



Saat pertama kali menonton anime, semua orang pasti terfokus pada karakter utamanya terlebih dulu. Terkadang, walaupun ceritanya bagus, orang akan enggan menontonnya hanya karena tidak menyukai karakter utamanya entah karena fisik atau sifatnya yang jelek. Berbicara tentang karakter yang memiliki penampilan jelek, ada beberapa anime yang memiliki pemeran utama seperti itu namun animenya tetap disukai banyak orang seperti halnya Favaro Leone dalam Shingeki no Bahamut dan Takeo Gouda dalam Ore Monogatari!!

Demikian pula juga karakter dalam anime yang satu ini yaitu Haruyuki Arita. Bahkan anime Accel World, sering mendapatkan komentar negatif hanya karena karakter utamanya. Tapi apakah animenya sejelek itu? Tentu saja tidak. Accel World juga saya anggap sebagai anime game yang bagus terlebih lagi skornya di situs myanimelist mencapai 7.57.

Haru merupakan seorang laki-laki bertubuh pendek dan juga gemuk. Karenanya, dia sering diejek dan di-bully oleh teman-teman sekolahnya di SMP Umesato. Merasa tidak tahan dengan penderitaannya di dunia nyata, dia lebih menghabiskan waktunya untuk bermain game online. Penampilannya di dalam game sangat berbeda dimana dia menjadi salah satu player terkuat dan disegani banyak orang. Hal itu membuat seorang gadis, wakil ketua OSIS, tertarik kepadanya.

Gadis tersebut biasa dijuluki Kuroyukihime yang kemudian meminya bantuan Haru demi mencapai level 10 dengan mengalahkan Six Kings of Pure Colour. Tujuannya adalah untuk bertemu dengan pencipta game tersebut dan mengetahui tujuan dari pembuatannya. Dalam dunia Accelerated World, keduanya terus bertarung dan mengumpulkan lebih banyak anggota sehingga menjadi para player terkuat yang pernah ada dan mencapai level tertinggi dalam permainan.

6. Overlord



Overlord merupakan adaptasi dari light novel yang ditulis oleh Kugane Maruyama dan diilutrasikan oleh so-bin. Overlord tidak jauh berbeda dengan anime SAO. Ceritanya pun tentang game online dimana game tersebut akan segera ditutup.

Pada tahun 2126, game DMMORPG (Dive Massively Multiplayer Online Role Playing Game) dengan nama Yggdrasil dirilis. Game tersebut menjadi salah satu permainan online terbaik dimana para karakternya bisa berinteraksi secara langsung. Setelah beroperasi selama 12 tahun, server game tersebut akan segera ditutup. Di dalamnya, terdapat sebuah guild bernama Ainz Ooal Gown yang terdiri dari 41 anggota dan mereka menjadi guild terkuat. Tetapi saat server akan dimatikan, semua anggota melakukan log out kecuali Momonga yang merupakan ketua guild. Dia memilih untuk diam sendiri di sana dan tetap tinggal di makam Nazarick. 

Dia sadar bahwa dia tidak akan bisa melakukan log out lagi setelah server down. Setelah down, tiba-tiba para NPC bertingkah aneh seolah-olah mereka memiliki jiwa sendiri. Akhirnya, Memonga mulai mengumpulkan kekuatan lagi bersama para NPC tersebut yang menjadi bawahannya. Tapi prilaku NPC yang semakin mirip dengan manusia mulai membuatnya penasaran tantang apa yang sudah terjadi.

7. Chihayafuru



Chihayafuru aslinya adalah sebuah manga seri karya Yuki Suetsugu dan dipublikasikan oleh Kodansha. Manga ini sudah diadaptasi menjadi anime yang ditayangkan di Nippon Television (NTV) dan Crunchyroll pada bukan oktober tahun 2011 sampai maret, 2012. Season keduanya dirilis antara bulan Januari dan Juni 2013. Cerita Chihayafuru juga telah dibuat live action-nya dengan judul Chihayafuru: Kami no Ku yang ditayangkan pada 19 Maret, 2016, dengan film keduanya pada 29 April, 2016.

Chihaya Ayase adalah seorang gadis yang hampir menghabiskan semua waktunya demi medukung saudarinya menjadi seorang model. Keadaan itu pun berubah saat dia bertemu dengan seorang pemuda bernama Arata Wataya yaitu seorang pemain Karuta berbakat. Karuta merupakan permainan kartu bergambar asal Jepang yang dimainkan oleh minimal 3 orang (sudah temaruk orang yang membacakan kartu). Setelah berteman dengannya, Arata percaya kalau Chihaya memiliki potensi untuk menjadi pemain yang hebat.

Sampai akhirnya, Chihaya memutuskan jalan hidupnya yang baru yaitu menjadi pemain Karuta terhebat yang pernah ada. Tapi pada akhirnya, keduanya harus terpisah karena beberapa alasan. Di SMA, dia membentuk sebuah klub bernama Misuzawa Karuta bersama teman masa kecilnya, Taichi Mashima.  Chihaya pun terus berjuang keras menjadi pemain kartu terbaik sampai suatu hari, dia bisa bertemu dengan Arata lagi.

8. Yu-Gi-Oh!



Jika dibandingkan dengan anime game lainnya, menurut saya Yu-Gi-Oh! Adalah game dengan cerita yang paling kompleks. Anime ini adalah adapatsi dari manga karangan Kazuki Takahashi. Saking populernya, cerita dalam anime ini diadaptasi menjadi game yang kita kenal sampai sekarang entah itu yang ada di PS atau android.

Tingkat kerumitan pembuatan cerita anime ini sunggu luar biasa karena kita tahu sendiri bahwa dalam permaianan kartunya, kita bisa melihat puluhan bahkan ratusan jenis kartu dengan kekuatan dan efek yang berbeda. Jenis kartunya juga bermacam-macam seperti spell, magic, dan monster. Klafikasi kartu-kartu tersebut sangat rinci sehingga bisa dimainkan dengan sistematis. Jadi, pembuatan cerita anime ini sangat luar biasa dan penuh dengan ketelitian.

Alur cerita Yu-Gi-Oh! Bermula dan seorang pemuda bernama Yugi Mutou, seorang laki-laki yang culun dan suka bermain game.  Dia juga sering dibuli oleh teman-temannya karena lemah. Tapi suatu hari, dia berhasil menyelesaikan sebuah Millennium Puzzle yang membuat tubuhnya dirasuki oleh roh misterius. Ketika dalam bahaya, roh itu akan mengambil alih tubuh Yugi sehingga membuat kepribadiannya jauh berbeda. Dengan kata lain, dalam satu tubuh ada 2 jiwa. Yugi dan roh dari mesir kuno tersebut mulai melakukan pertandingan kartu dan menjadi duet yang ditakuti banyak orang.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Myanimeanalysis - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -