Posted by : Hani Haerudin Jumat, Januari 19, 2018





Pernahkah kalian menonton anime yang sedih? Anime yang bahkan membuat kalian sedih, galau hingga berhati-hari,(hmm.. mungkin bukan gara" anime, gara" doi di ambi orang lain kali wkwk) atau mungkin sampai bisa bikin kalian menangis? (ya Allah lebay bgttt wkwk) Kalau pernah... berarti kalian kaya cewee hahaha, maaf mimin bercanda :)

Anime memang dapat mengubah emosi seseorang. Dapat membuat kita senang, semangat, penasaran, bahkan dapat membuat kita bersedih atau terharu. hal itu membuat hati kita menjadi tergerak atau kasihan terhadap cerita dari Anime tadi. Anime Sedih tidak hanya membuat kita dapat menangis, tetapi juga membuat kita merasakan apa yang dirasakan karakter pada cerita tersebut. Seperti masa lalu karakter yang suram, ditinggalkan orang yang disayang, perjuangan yang berat, atau mendapatkan ending yang tidak diinginkan.


Nah Bagi kalian yang menyukai anime dengan alur cerita sedih.. mimin akan memberikan kepada kalian 12 rekomendasi anime tersedih yang tak-tergantikan di hati para fans anime!



Top 1. Shigatsu wa kimi no uso (Your Lie In April)



Angel Beats, Anime, AnoHana, Clannad, Drama, Guilty Crown, Hanbun no Tsuki ga, Menangis, Rekomendasi Anime, Sedih, Shigatsu Kimi no Uso, Tokyo Magnitude,

Genre : Drama, Music, Romance, School, Shounen 
Ratting : 8.92  
Episode : 22 + (1 OVA)


Kalau anime yang satu ini, mimin yakin jalan ceirtanya pasti masih seger banget di ingetan kalian. Menceritakan tentang arima kousei yang mengalami trauma setelah kehilangan ibunya. Kousei sama sekali nggak bisa denger apapun dari piano yang ia mainkan. Sampai suatu hari Kousei bertemu dengan Kaori :) yang memaksa Kousei untuk menjadi pendamping dalam permainan biolanya. Sejak saat itu perlahan-lahan semangat hidup Kousei kembali dan ia mulai bisa mendegar piano yang ia mainkan. Namun setelah semua kebaikan itu datang, masalah lain pun muncul. Hingga pada akhirnya  kousei harus menghadapi kenyataan pahit akan ................ yang ia cintai. Mimin sangat recomended anime ini untuk kalian yang belum nonton. (Trailer Shigatsu Kimi no Uso, Lihat Disini)

Top 2. Guilty Crown


Angel Beats, Anime, AnoHana, Clannad, Drama, Guilty Crown, Hanbun no Tsuki ga, Menangis, Rekomendasi Anime, Sedih, Shigatsu Kimi no Uso, Tokyo Magnitude,
Genre : Action, Drama, Sci-Fi, Super Power
Ratting : 7.88 
Episode : 22 

Apakah diantara kalian ada yang pernah notnon anime ini? Kalau udah berarti kalian termasuk fans anime yang beruntung. Karena jalan cerita ini bener-bener bisa nusuk hati kalian banget. Kisahnya adalah tentang Shu, siswa SMA biasa yang pada suatu hari bertemu dengan seorang gadis yang nantinya akan mengubah hidupnya. Satu persatu kisah di anime ini bakalan di ungkapkan secara kompleks dan menyikat hati kita. Kalau kalian tanya kenapa mimin suka dengan anime ini, itu karena First Impression mimin yang kagum dengan Inori yang nyanyi lagu Euterpe, berkesan banget di hati. (Trailer Guilty Crown, Lihat Disini)



Top 3. Tokyo Magnitude 8.0


Genre : Drama, Music, Romance, School, Shounen Ratting : 8.92
Genre : Drama
Ratting : 8.21 
Episode : 11

Siapa diantara kalian yang sudah menonton anime ini? Mimin yakin ending dari anime ini pasti bakalan buat kalian Baper meskipun cuma sedikit. Bercerita tentang Mirai, Yuuki dan Mari yang berhasil selamat dari gempa berkekuatan 8.0 SR. Setelah gempa terjadi, mereka bertiga kemudia berusaha untuk kembali ke rumah mereka dan bertahan hidup dari gempa susulan yang terjadi secara tiba-tiba. Walaupun cuma 11 episode, tapi anime ini berhasil memacu emosi kita. Sampai pada akhirnya Mirai menyadari bahwa adiknya Yuuki sebenarnya adalah ... Pokoknya nonton aja animenya ya, recomended banget buat kalian. (Trailer Tokyo Magnitude 8.0, Lihat Disini)



Top 4. Angel Beast


Genre : Comedy, Drama, Romance Ratting : 7.73
Genre : Action, Comedy, Drama, School, Supernatural
Ratting : 8.46 
Episode : 11

Ini adalah salah satu anime yang endingnya nggak akan bisa kalian tebak (bagi yang belum nonton). Gimana nggak, pda awalnya anime ini hanyaa menayangkan adegan comedy mainstream yang bakalan membuat kita ketawa terbahak-bahak. Namun, menjelang pertengahan, anime ini akan membawa kalian ke dunia galau yang membahas tentang kehidupana para karakternya di masa lalu. Dan tentu di akhir cerita, Angel Beats bakalan menyuguhkan adegan yang menusuk hati kalian, dan dijamin, bisa bikin nangis.(Trailer Angel Beats, Lihat Disini)



Top 5. Anohana


Genre : Action, Comedy, Drama, School, Supernatural Ratting : 8.46
Genre : Drama, Slice of Life, Supernatural
Ratting : 8.66 
Episode : 11 + (1 Movie)

Dari segi jalan cerita, AhoHana memang sudah bisa ditebak kalau pada akhirnya anime ini pasti bakalan bikin galau, namun seperti mengipnotis, rasanya kalau nggak sampe selesai nonton anime, nggak bakalan puas gitu. Mimin pernah saranin anime ini ke temen cewek mimin dan hasilnya, besok temen mimin itu datang dan bilang dia udah selesai nonton anime itu, dan baper. Temen mimin nonton sama temenya juga, dan temenya itu, nangis... Jadi begitulah kira-kira, AnoHana layak peringkat kedua. (Trailer AnoHana, Lihat Disini)




Top 6. Clannad Season 1 dan Season 2


Genre : Drama, Slice of Life, Supernatural Ratting : 8.66
Genre : Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life, Supernatural
Ratting : 8.36 
Episode : 23(S1) + 24(S2) + 2 OVA

Dari semua anime yang mimin tonton, mimin berani berkata kalau nggak ada anime yang seperti Clannad. Jujur anime ini sangat mimin sukai, seingat mimin, udah 4 atau 5 kali mimin nonton ulang anime ini. Buat kalian yang belum nonton, mimin saraninn buat nyiapin tisu dulu sebelum sampai di episode 3 dan 4. 
Dari segi jalan cerita, Clannad menceritakan tentang Tomoya, seorang berandalan yang sama sekali tidak memperdulikan hidupnya. Suatu hari tomoya bertemu dengan seorang gadis aneh saat perjalanan sekolah. Gadis itu adalah Nagisa, siswi perempuan penyakitan yang tidak naik kelas. Karena malu, nagisa menyemangati diri dengan mengatakan kata "Anpan!" yang berarti "Roti Kacang". Kebetulan saat itu Tomoya lewat dan mendengar perkataan Nagisa. Sampai saat itu, dimulailah kisah hidup tomoya dengan satu tujuan, yaitu membahagiakan Nagisa, gadis yang ia sayang. Jujur, nulis kisah tentang Clannad ini aja buat mimin galau duluan, Jadi entah diantara kalan setuju atau nggak, Clannad bagi mimin tetap anime nomor satu yang bisa bikin nangis. (Trailer Clannad Season 1,Lihat disini)



Top 7. Sword Art Online




Genre : Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance 
Ratting : 7.68 
Episode : 25(S1) + 24(S2) + (1 Movie)



Menceritakan seorang pemuda yang bernama Kirito, selama hidupnya ia tidak pernah bersosialisasi dengan masyrakat ia lebih baik mengurungkan diri bermain game daripada bermain bersama teman-temannya. Suatu hari ada sebuah game Virtual Reality Massively Multiplayer Role-Playing online (VRMMORPG) yang bernama Sword Art Online, game ini banyak sekali diminati oleh para gamers, karena dengan adanya game ini para gamers bisa menikmati "dunia game sebenarnya", tubuh mereka seakan-akan masuk ke dalam dunia game lalu bisa menggunakan seluruh anggota tubuhnya dengan pikirannya sendiri. Pada hari pertama dimana game ini diluncurkan ada sekian banyaknya player yang mencoba untuk bermain game ini, mereka mencoba pertama kali untuk menikmati "dunia game sebenarnya", di game itu mereka bisa berkomunikasi langsung satu sama lain, dapat mengandalkan tubuhnya untuk melawan para monster dan juga para bos monsternya, namun dihari yang sama ketika game itu diluncurkan tiba-tiba developer game itu meneror orang-orang dan mematikan fitur Logout (keluar) dari game. Orang-orang yang baru saja mencoba game VRMMORPG pertama kali telah terjebak selamanya di dunia game. Untuk bisa keluar dari game tersebut mereka harus mengalahkan para bos dan menaiki lantai hingga sampai lantai 100. (Trailer sword art online Lihat disini)


Top 8. Plastic Memories



Genre : Romance, Drama, Sci-Fi, Super Power
Ratting : 7.99
Episode : 13


Pada saat saya membaca judul dan sinopsis dari anime ini, saya berpikir bahwa Anime ini akan menjadi salah satu Anime Sedih. Plastic Memories jika diartikan maka akan menjadi Ingatan Plastik (Saya mengartikan sebagai "Ingatan Palsu"). Nah sudah jelas bahwa anime ini akan bermain dengan "Ingatan Palsu" seperti pada judul itu. 

Untuk latar, Anime ini mengambil pada masa depan. Dimana Android yang berbentuk seperti manusia mulai menyebar diseluruh dunia. Android bahkan memiliki emosi yang sama seperti manusia yang diberi nama Giftia. Karena hal itu, Giftia berfungsi layaknya manusia sungguhan. Ada yang memanfaatkan sebagai bodyguard, pembantu bahkan ada yang menggunakannya sebagai keluarga angkat.untuk lebih lengkap nya nonton aja yaa :) (untuk trailer nya Lihat disini)




Top 9. Kyoukai no Kanata



Genre : Romance, Slice of Life, Supernatural, Fantasy
Ratting : 7.87
Episode : 12 + (2 Movie)

Anime ini mencceritakan tentang kehidupan Akihito Kanbara. Ia adalah seorang siswa SMA. Suatu hari , ia berusaha menyelamatkan siswi bernama Mirai Kuriyama. Mirai Kuriyama sedang berusaha untuk bunuh diri. Tiba - tiba ia menusuk Akihito dengan pedang. Pedang tersebut terbentuk dari darahnya. Akihito yang seharusnya mati tidaklah mati. Ternyata Akihito adalah seorang setengah manusia setengah youmu yang imortal. Setelah mengetahui kalau Mirai adalah Spirit World Warrior , ia berusaha untuk merawat dan berteman dengannya. Akihito sangat sedih juga karena Mirai adalah satu - satunya orang yang selamat di keluarganya. Akhirnya Akihito membantu Mirai dalam membunuh youmu.(Trailer nya lihat disini)



Top 10. Ano Natsu de Matteru



Genre : Comedy, Drama, Romance, Slice of Life, Sci-Fi
Ratting : 7.65
Episode : 12 + (1 Episode Special)


Kirishima Kaito seketika merasa tertarik dengan Takatsuki Ichika, seorang gadis murid pindahan di sekolahnya, dan mengetahui hal ini, teman baik Kaito, Ishigaki Tetsurou mengusulkan agar mereka membuat film bersama. Tanpa sengaja, Kaito lalu mengajak Ichika yang belum punya tempat menginap untuk tinggal di rumahnya, dan selalu menghabiskan waktu bersama-sama baik di rumah maupun selama syuting film, Kaito akhirnya menyadari bahwa dirinya menyukai Ichika. Hanya saja..


Sebuah kisah romantis 'boy-meets-girl' yang manis dengan setting science fiction yang sanggup membuat hati manapun berbunga-bunga, dan dengan ending yang dramatis nan mengharukan, penonton mungkin harus bersiap-siap menitikkan air mata. (lihat trailer nya)




Top 11. Kotonoha no Niwa



Genre : Romance, Drama, Slice of Life, Psychological
Ratting : 8.28
Episode : 1 (Movie)

Kali ini mimin kita akan mereview salah satu anime karya Makoto Shinkai.
Bercerita tentang Takao Akizuki, seorang siswa SMA yang bercita-cita menjadi pembuat sepatu. Takao adalah seorang siswa yang menykai hujan, jadi setiap hujan turun di pag hari ia selalu membolos jam pertama sekolahnya untuk pergi ke taman dan menikmati hujan sambil menggambar desain sepatu. Tetapi suatu hari ia bertemu dengan seorang wanita dewasa misterius, yang bernama Yukari Yukino di taman tempat biasa ia pergi. Awalnya mereka hanya saling diam ditengah hujan, namun semakin seing bertemu di saat hujan mereka menjadi samakin dekat. Samapi-sampai di saat bangun di pagi hari Takao selalu berharap turunya hujan agar bisa bertemu denagan Yukino. Bagaimana kelanjutan kisa mereka ? kisah cinta yang tepaut usia tsb ? (seperti biasa tonton aja dulu). "hmmm.. trailer nya"




Top 12. Kimi no Na wa (Your Name)



Genre : Romance, Drama, Supernatural, School
Ratting : 9.22
Episode : 1 (Movie)


Film berjudul Kimi No Na Wa (Your Name) racikan Makoto Shinkai tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar anime. Film ini menjadi bombastis karena terus banyak ditonton oleh masyarakat seluruh dunia. waww.. dan sempat menjadi top anime nomer 1 di MAL ini pernah fenomenal pada tahun 2016 sampai tahun 2017, dimana anime ini juga menjadi anime terlaris di bioskop jepang dalam 3 bulan setelah perilisannya.

Menariknya lagi, film ini diprediksi akan menggusur posisi Frozen yang selama ini tercatat sebagai film Disney terlaris di Jepang. Tercatat perolehan penjualan film animasi ini nilainya mencapai 311 miliar Dollar AS atau setara dengan 4,4 triliun rupiah. Angka ini menempatkan Your Name sebagai film animasi dengan penjualan terbesar sepanjang masa.

Kimi no Na wa bercerita tentang Taki Tachibana dan Mitsuha Miyamizu sebelumnya mereka tidak pernah bertemu satu sama lain, sampai suatu ketika mereka bermimpi, didalam mimpi tersebut mereka bertukar tubuh dan melakukan kegiatan orang tersebut, sampai titik terang mereka ketahui, bahwa masing masing dari mereka benar benar memakai tubuh orang lain dan melakukan aktifitas yang nyata. Mimpi tersebut berlangsung terus menerus dan mereka pun menikmati fenomena tersebut, sampai suatu hari mimpi bertukar tubuh tersebut terhenti, menyadari keanehan tersebut Taki mencoba mencari tahu apa yang terjadi, tapi, yang terjadi adalah fenomena aneh dan bencana ternyata terkait dengan mimpi tersebut.








Nah, itulah keduabelas anime yang menurut mimin, merupakan anime yang bisa bikin yang menonton nya akan di buat menangis, dan sulit tergantikan oleh anime apapun yang mungkin nantinya akan bertema sama dengan anime yang sudah disebutkan diatas. Kira-kira, kalau versi kalian, anime apa aja yang membekas banget dihati dan bisa bikin kalian galau sampai bercucuran air mata? Bagi kisah kalian di kolom komentar yaa..




 "See you"



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Myanimeanalysis - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -